15 Feb 2011

Cara Mengembalikan File Yang Disembunyikan Virus


Tentu Anda bakalan kaget kalo flashdisk yang tadinya berisi file-file dokumen dan foto tiba-tiba hilang dari flashdisk, misalnya setelah menghubungkan ke komputer atau laptop temen Anda.


Tidak lama kemudian, tiba-tiba saja file dokumen/foto itu muncul kembali di flasdisk, namun telah dieksekusi menjadi file dengan ekstensi EXE. Vonis dapat langsung Anda jatuhkan bahwa flasdisk Anda terserang oleh virus. Bisa Trojan, Worm atau Sality. Penyebabnya sih kemungkinan besar Anda tidak memasang Antivirus atau tidak pernah update sama sekali.

Sebetulnya semua data asli masih ada dan tidak hilang, hanya disembunyikan oleh virus tersebut. Nah, untuk mengembalikan file yang disembunyikan virus tadi, kita bisa melakukannya melalui “Command Prompt”.
Masuk ke menu Start >> All Programs >> Accessories >> Command Prompt
Setelah itu ketikkan letak drive-nya, misalnya flashdisk itu ada di drive E, F, J atau K, tergantung partisi yang ada di kompi Anda.
Lalu ketikkan DIR, maka muncullah file-file kita yang ada di flashdisk, jadi misalkan flasdsik ada di drive F, maka tampilan di layar adalah E:\DIR lalu ENTER.

Nah cara mengembalikannya adalah kita harus tahu ekstensi word itu adalah doc dan untuk foto adalah jpg/png. Jadi sebagai contoh, jika di fdisk sekarang ada file dokumen dengan nama dokumenku.exe, padahal tadinya adalahdokumen.doc.

Cara mengembalikannya ketikkan :

attrib -S -H -A *.doc lalu tekan ENTER

Begitupun ketika file aslinya adalah foto dan berubah dengan ekstensi EXE, maka kode *.doc tinggal diganti dengan *.jpg. Misalnya fotoku.exe, maka seluruh file foto yang berformat JPG, akan kembali terlihat. Cara lain yang lebih cepat adalah menggunakan kode *.*

attrib -S -H -A *.* lalu tekan ENTER

Dengan kode ini, maka seluruh jenis format file (doc, jpg, png, dll) yang disebunyikan oleh virus, akan dimunculkan kembali. Jadi kita tidak perlu memunculkan setiap jenis format file, satu per satu.



Selamat mencoba, semoga berhasil. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

flag counter