15 Feb 2011

Tool Menganalisa Apa Penyebab Blue Screen Crash Pada Sistem


Saat sedang asyik-asyiknya bermain dengan game atau sedang mengerjakan tugas dari kantor dan tiba-tiba / mendadak muncul layar biru di monitor, itu menandakan ada kesalahan yang cukup fatal di sistem operasi atau biasanya juga karena kegagalan di sisi hardware.


Blue Screen sering terjadi mungkin karena ada ketidakcocokkan file DLL ataupun bugs di kernel sistem operasi. Kerusakan fisikpun dapat menjadi penyebab terjadinya blue screen / layar biru diantaranya adalah adanya kerusakan di kipas komputer spt yg saya alami, memori yang rusak, mesin mainboard terlalu panas, power supplies yang hampir jebol, dsb.

Jika terjadi blue Screen, biasanya Windows akan menciptakan sebuah file kecil (walaupun sering tidak kita sadari) yg melaporkan kepada kita akan adanya error di sisi mana. Memang secara spontan, blue screen akan mencetak informasi di monitor pada saat terjadinya keadaan tsb, tapi biasanya setelah itu, kita menjadi panik dan bingung yg akhirnya lupa untuk menganalisa apa yang menjadi penyebab terjadi Blue Screen crash tsb, ya mungkin saja munculnya error message tsb diikuti dengan countdown untuk shutdown di Windows supaya jika shutdown maka tidak akan terjadi kerusakan lebih parah misalnya, seluruh CPU bertambah panas karena overheating dan yg paling fatal adalah terjadi korslet listrik di rumah / kantor tempat kita bekerja.




Jika anda cukup ahli dalam menganalisa pesan yang ditampilkan saat terjadi blue screen, sebuah tool bagus bisa membantu menyimpan informasi blue screen sehingga dapat membantu kita menganalisa dan menjawab mengapa terjadi blue screen. Tool ini diberi nama BlueScreenView.
Dapat diunduh (download di sini) dan bisa dipakai secara instant tanpa proses instalasi.

BlueScreenView dapat berjalan di segala lingkungan Windows > Windows XP/Server 2003/Server 2008/Vista/7. Silahkan menganalisa kerusakan sistem komputer dengan tool ini.

Sumber: Speedytown.com

Semoga Bermanfaat!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

flag counter